Penilaian Kinerja Guru Oleh Siswa, Siapkah ?
Sebagai Guru di era Demokratisasi dewasa ini tentu akan menjawab SIAP ketika kinerjanya dinilai oleh siapapun ; pengawas, kepala sekolah, teman sejawat, orang tua/wali, bahkan para siswa sebagai pelanggan langsung yang senantiasa berinteraksi setiap saat.
Masalahnya adalah ;
1. Bagaimana caranya melakukan penilaian kinerja guru ?
2. Dengan format dan aspek apa penilaian kinerja guru dilakukan ?
3. Bagaimana mekanisme/prosedur penilaian kinerja guru ?
Menurut hemat saya penilaian kinerja guru perlu disepakati oleh stake holder sekolah yang dituangkan dalam Program Sekolah di awal tahun pelajaran, petugas yang menangani kegiatan itu sebaiknya rekan BP/BK. Intinya penilaian kinerja guru dilakukan agar tujuan untuk memperbaiki kualitas proses KBM serta umpan balik dari aktifitas guru selama satu semester/satu tahun, sebagai konsekuensi dari profesinya. Masalah tsb. sebagai komentar atas artikel yang bertajuk : Evaluasi Kinerja Guru oleh Siswa dalam http://akhmadsudrajat.wordpress.com/. Sekiranya format berikut layak untuk di diskusikan;
SKALA PENILAIAN GURU OLEH SISWA
BAGIAN I :
Petunjuk 1 ;
Berdasarkan pengamatan Anda terhadap Bapak/Ibu Guru tsb, berilah penilaian antara 1 – 5 pada pernyataan di bawah ini, dengan pedoman sbb.;
bila hal yang dinyatakan tidak pernah terjadi selama satu semester,
bila hal yang dinyatakan terjadi 1 – 2 kali selama satu semester,
bila hal yang dinyatakan terjadi 3 – 5 kali selama satu semester,
bila hal yang dinyatakan terjadi lebih dari 5 kali selama satu semester,
bila hal yang dinyatakan terjadi selalu terjadi selama satu semester,
Aspek Penilaian | No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Disiplin | 1 | Hadir tepat waktu untuk mengajar di kelas | .. | .. | .. | .. | .. |
KBM | 2 | Menggunakan contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan materi pelajaran | .. | .. | .. | .. | .. |
KBM | 3 | Mampu menjawab pertanyaan siswa mengenai materi yang diajarkan | .. | .. | .. | .. | .. |
KBM | 4 | Memberi tugas atau pekerjaan rumah kepada siswa | .. | .. | .. | .. | .. |
KBM | 5 | Memeriksa tugas atau pekerjaan rumah siswa | .. | .. | .. | .. | .. |
KBM | 6 | Membahas tugas atau pekerjaan rumah siswa | .. | .. | .. | .. | .. |
Tanggungjawab | 7 | Menjelaskan setiap materi pelajaran bukan hanya menyuruh sswa untuk mencatat saja | .. | .. | .. | .. | .. |
Penguasaan kelas | 8 | Membuat suasana menyenangkan tetapi tertib | .. | .. | .. | .. | .. |
Komunikasi | 9 | Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang diajarkan | .. | .. | .. | .. | .. |
Jiwa Pendidik -Kasih Sayang | 10 | Berusaha untuk mengetahui dan memperhatikan keadaan siswanya | .. | .. | .. | .. | .. |
Jiwa Pendidik -Kasih Sayang | 11 | Memberi semangat belajar kepada para siswa | .. | .. | .. | .. | .. |
Jiwa pendidikan-membimbing | 12 | Memberi bimbingan kepada para siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran | .. | .. | .. | .. | .. |
Kepribadian – penghargaan terhadap orang lain | 13 | Menghargai pendapat siswa | .. | .. | .. | .. | .. |
Kepribadian – stabilitas emosi | 14 | Dapat mengendalikan amarah | .. | .. | .. | .. | .. |
Komitmen | 15 | Mengakhiri kegiatan belajar sesuai dengan jam pelajaran yang ditetapkan | .. | .. | .. | .. | .. |
Obyektifitas menilai | 16 | Memberi nilai siswa tidak pilih kasih | .. | .. | .. | .. | .. |
BAGIAN II :
Petunjuk 2 ;
Untuk pertanyaan berikut ( no; 17 – 19 ), lingkari salah satu pilihan jawaban yang kamu anggap paling sesuai.
Aspek Penilaian | No | Pernyataan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
KBM | 17 | Bagaimana kejelasan penyampaian materi atau konsep pelajaran bpk/ibu guru dalam KBM ?; 1. Tidak jelas 2. Kurang jelas 3. Cukup jelas 4. Jelas |
.. | .. | .. | .. | .. |
Sopan Santun dan susila | 18 | Bagaimana bila perilaku guru bpk /ibu tersebut dijadikan panutan (teladan) bagi siswa ?; 1. Tidak dianjurkan 2. Kurang dianjurkan 3. Boleh dianjurkan 4. Sangat dianjurkan |
.. | .. | .. | .. | .. |
Sopan Santun dan susila | 19 | Bagaimana penilaianmu tentang perilaku bpk/ibu guru tersebut ( cara berbicara, cara berpakaian, cara memperlakukan siswa ) ?; 1. Tidak sopan 2. Kurang sopan 3. Cukup sopan 4. Sangat sopan |
.. | .. | .. | .. | .. |
Motivator | 20 | Bagaimana hubungan kerjasama dengan siswa dalam setiap kegiatan ekstra kurikuler ? ; 1. Tidak pernah saya temui 2. Kurang memberi motivasi 3. Cukup memberi motivasi 4. Selalu memberi motivasi |
.. | .. | .. | .. | .. |
Geger, … Desember 200…
Siswa yang di ajar,
Total skor: ________
————————————–
Tulisan terkait dengan pembelajaran guru profesional
Kalau saya selalu siap, coba saja sebarkan angket pada siswa yang berisi beberapa kriteria pertanyaan
======
@pak Onny, selamat mencoba di sekolahnya semoga bisa jadi bahan refleksi diri, trim’s atas kunjungannya silahkan mampir lagi dikesempatan lain
Komentar oleh ONNY RUDIANTO | 1 Februari, 2009
Setiap orang yang merasa bahwa menjadi guru adalah panggilan hidupnya, pasti akan memiliki kinerja guru yang baik. Dan oleh karenanya, dinilai dengan format dan ragam pertanyaan apapun, hasilnya akan selalu OK…
======
@Pak Akhmad….,amiin…., terimakasih telah berkunjung…semoga pengabdian kita bisa paripurna…isyaalloh…
Komentar oleh Akhmad Roziqin | 21 Maret, 2009
apapun cara yang digunakan untuk menilai demi perbaikan kinerja yang objektif saya setuju mas …………. ok mendukung !!!!!
======
@ trim mas sudah berkunjung…. terus semangat dan sukses guru pro….fesional…
Komentar oleh Nendi | 16 Juli, 2009
mas, thanks ya artikelnya
======
@sama-sama…. bu/pak? mita….terus semangat sukses buat umar bakri… he..3x
Komentar oleh mita | 23 Juli, 2009
terimakasih seribu untuk artikel ini karena telah membantu saya.
======
@ sr.vero, trim’s kunjungannya…
Komentar oleh sr.vero | 2 Oktober, 2009
Terimakasih seratus kali, saya merasa terbantu ……
======
@diens, sama-sama … terus semangat mencapai cita-cita
Komentar oleh Diens | 19 Maret, 2010
boleh tahu g, ini bentuk kuistioner mengacu pada jurnal siapa y ?
mav, klo salah !!
======
@rendi, jangan takut salah…aspek penilaian dalam kuesioner didasarkan pada tupoksi guru yang dimungkinkan berkembang sejalan dengan tuntutan profesinya
Komentar oleh idner | 20 Maret, 2010
Belum kebayang sama saya, bagaimana dampaknya. Apakah semua guru di sekolah saya dapat menerima secara lugas begitu saja ? Apakah penilaian siswa akan objektif ?
Kalau secara pribadi saya setuju, namun sepertinya implementasinya harus hati-hati dan secara bertahap sehingga tidak menimbulkan kontraproduktif.
======
@gunawan, kalau tujuannya untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga siswa(sbg pelanggan utama) memperoleh layanan yang memadai…,kenapa tidak siap…semoga perubahan paradigma pendidikan bisa dimulai dari pola pikir para guru.
Komentar oleh Gunawan | 3 Mei, 2010
Kalo penilaian seperti di atas, tapi antara teman sejawat gtu gmn caranya ya??
ato bentuk quisionernya gmn gt..
mksih sebelumnya.
======
@dwi, tentunya didahului kesepakatan di awal tahun dan melibatkan rekan guru BK
Komentar oleh Dwi | 17 Mei, 2010
mav, pak boleh tanya ? itu total skornya didapat dari perhitungan jumlah biasa yang diambil dari bobotnya nilai(1,2,3,4,5) ya, pak ?
======
@rendi, benar… selamat menghitung
Komentar oleh hari | 22 Juni, 2010
Yth. Bapak Siteadmin, bolehkah saya menerima kiriman file Aspek Penilaian diatas ke email saya : daniel_dwi_rahma@yahoo.co.id??? mau saya shared ke anak didik saya pak…. terimakasih..
======
@daniel, dengan senang hati virus kebaikan ini bisa di sebar…, salam dari guru geger
Komentar oleh Daniel Dwi Rahma | 13 November, 2010
Izin saya pakai lagi pak, dulu dah pernah pakai, cari yang lain eh ketemu ma ini lagi. Yo wis, ra popo. Makasih banyak,
======
@uning, sama-sama
Komentar oleh uning | 20 Mei, 2011
dilematis memang apbila seorang guru harus dinilai oleh siswa, seolah-olah nggak percaya terhadap guru yang memberikan ilmu pada siswa.Pada kenyataannya bahwa guru yang mengajar pasti memberikan yang terbaik untuk siswanya, sebenarnya yang paling penting adalah mencari guru yang tidak mau mengajar tanpa alasan,dan saya setuju kalau yang guru yg. seperti itu diberhentikan saja biar negara nggak rugi membayar gaji untuk dia.
======
@totok, menilai bukan berarti tdk percaya, tapi sebagai umpan balik agar proses pembelajaran lebih optimal… trim kunjungannya
Komentar oleh totok budianto | 29 September, 2011
saya akan menilai manajer yang ada dibwah saya. ada angketnya ndak?
======
@darmin, maaf saya bukan ahli managemen-hanya punya pengalaman sbg umar bakri, prinsipnya bahwa penilaian kinerja (apapun profesinya), dpt diukur dengan indikator pelaksanaan tupoksi/tanggung jawabnya, terima kasih kunjungannya
Komentar oleh darmin | 6 Oktober, 2011
Pak mohon bantuannya saya dikirimi file aspek penilaian guru tersebut untuk dipakai menilai guru kami di SMP Muhammadiyah 17 plus surabaya di email : smpm17sby@yahoo.co.id
======
@hidayat, telah kami kirim, matur suwun…
Komentar oleh hidayat | 28 Februari, 2012
paak, punya format yang lain nggak? kalo ada tolong di share ya…
======
@emi, bisa di modifikasi sendiri sesuai standar proses dalam permendiknas 41 th 20007, selamat berkreasi…
Komentar oleh emi lestari | 10 Mei, 2012
maaf kak ada format yang lain gakk????????
======
@santi, bisa dimodif sendiri tergantung kebutuhannya…selamat berinovasi
Komentar oleh Santi Bysant Muach | 5 Juni, 2012
Langkah baru dan maju demi terwujudnya gurf profesional dan modern. Siapapun harus siap “DINILAI” oleh siapapun. Selamat Bekerja.
======
@putrasembon, setuju………!!!
Komentar oleh putrasembon | 4 Oktober, 2012
Dari hasil scoring tentunya tiap guru akan berbeda nilainya. Apakah ada evaluasi/ rekomendasi hasil scoring tersebut, sehingga kita bisa mengetahui langkah2 yang harus diambil untuk guru tersebut. Apakah diberikan training pendalaman materi dsb. Mohon penjelasan. Terima Kasih – budy
======
@budy,scoring seorang guru ditiap kelas akan dianalisis oleh BK berdasarkan teknik konseling, selanjutnya masalah yang menyangkut individu dan mayoritas guru terhadap aspek penilaian tentunya rekomendasi dirumuskan oleh TPS (Tim Pengembang Sekolah) dalam kegiatan pengembangan kompetensi guru pada semester berikutnya…,terimakasih kepeduliannya dan semoga berkenan.
Komentar oleh Budy | 21 November, 2013
Bagus …. saya adakan lomba guru di sekolah saya. Sayangnya, anak kelas 1 (dan kelas rendah) tidak bisa (susah) mengisi kuesioner karena bahasa masih terlalu abstrak bagi mereka, jadi saya harus banyak melakukan modifikasi. Trimakasih .
======
@hanif, modifikasi adalah bentuk kreatifitas….silahkan indikator itu bisa disesuaikan dg kompetensi guru yg diinginkan, salam kreatif
Komentar oleh Muhammad Hanif Priatama | 5 Desember, 2013
ijin copas… mksh
======
@Huda, silahkan…semoga bermanfaat….
Komentar oleh Huda | 11 Januari, 2014
ijin copas mass mkasih banyak mas
======
@langgeng, monggo mas semoga berguna
Komentar oleh Langgeng | 5 Juni, 2014