eko winarto sma 1 jiwan

ILMU;teman dikala sendiri & kawan diwaktu sepi

Menumbuhkan Motivasi Belajar GURU Dengan Penelitian Tindakan Kelas

guruptkWah……wah……membaca judul di atas kelihatan sok ilmiah ….dan mengerikan meminjam istilah bu NING ( sok teyong – perkempol ) nuwun sewu sedoyo kemawon…. Maksud saya ingin ngajak rekan-rekan guru, khususnya Guru SMA Negeri 1 Geger untuk kembali ke jalan yang benar Weleh… weleh..ehmm…, lhoo… apa selama ini salah? ( benar..!, jika menurut logika matematikanya bu YUN ) dan tidak menurut logika pak RUWIJ, sebab jika selama ini salah mustinya mendapatkan pidono…sesuai poin yang disepakati,

Saudara-saudaraku….kita sekarang hidup di abad 21 pada tahun yang ke sembilan, tidak terasa banyak sekali perubahan yang terjadi, baik di SMA tercinta ini maupun di lingkungan hidup yang lain (termasuk ADI Wiyatanya pak AGUS Di), salah satunya TI yang dimotori rekan kita pak ANIM sampai-sampai bu Endang WIDI, bu ENY, bu MIS (golongan sepuh-sepuh) dan banyak rekan guru lain – terpikat oleh omblogane…Cak Nganim (pinjam istilah pak YOYO + pak NARDI) untuk memanfaatkan teknologi dalam mengajar. Kiranya kita sepakat bahwa dinamika positif ini diharapkan terus berkembang subur.

Persoalan yang muncul adalah ; Bagaimana kita memaknai berbagai perubahan itu ? Jawabnya ada di hati, pikiran dan tindakan bapak / ibu guru sendiri (semoga basalah wong siswa saja dituntut meningkatkan motivasi kenapa kita tidak? dan harus bisa – karena dengan bersama kita bisa….. ha..ha… lho.. kok SBY, bukan..! lalu apa…? PTK). Konon menurut pak DARDIRI menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas itu tidak sulit, karena rata-rata kita sudah mengajar sepuluh tahun lebih (maaf untuk rekan guru yang belum ada setahun) ibarat dokter sudah spesialis artinya begitu datang pasien dengan segera diketahui penyakitnya dan ditulis obatnya nggih…to..pak DAR? Apa lagi diruang guru kita sudah duduk satu rumpun mapel, dikelas sudah team teaching akan memudahkan berkolaborasi membuat PTK ya…khan… mau…mau…mau…(pinjam istilahnya mas SIGIT)

Mari kita mulai diskusi membuat judul ; Formulasinya adalah PENYAKIT – OBAT – PASIEN – RUMAH SAKIT artinya penyakit = PENINGKATAN, obat = MELALUI, pasien = SISWA, rumah sakit = KELAS,SEKOLAH atau PENGGUNAAN = obat , UNTUK MENINGKATKAN = penyakit, SISWA = pasien , KELAS, SEKOLAH = rumah sakit. Silahkan rekan-rekan untuk berasumsi dengan judul PTK menurut pelajaran masing-masing, kemudian diikuti dengan pertanyaan pengetahuan dasar apa yang harus saya pahami untuk memecahkan masalah? Nahhh… ilmu untuk memecahkan masalah silahkan bertanya ke Cak Nganim Google, selesai tinggal memperkuat semangat untuk menulis saja disilahkan bertanya ramuan di pak SUGIK, semoga bermanfaat. Berikut contoh Abstrak PTK 1, PTK 2, PTK 3

Ibu/bapak bisa membaca artikel lain sekolah sebagai media biak, tahun baru, dan PKnKitAserta contoh kerangka ptk

Baca tulisan lain tentang alasan guru takut meneliti di kelasnya

15 Januari, 2009 - Posted by | laporan ptk PKn | , , , , ,

8 Komentar »

  1. mungkin lebih baik juga bila membuat tutorial tips “menumbuhkan motivasi guru krasan dan betah di sekolah…??”
    ======
    @ok mas…., susah kayaknya sbab Yasir Arafat dah meninggal kali, jadinya PLO buyar……..! (Pakguru Lali Omah), he..he… emmm, lain waktu mampir lagii…

    Komentar oleh luvsigit | 16 Januari, 2009

  2. PTK, kenapa pa ya pak, setiap kali mau mencoba saya kok sulit menuliskannya, dimulai dari mana ya pak
    ======
    @pak joko, sering kali begitu (motivasi internal) cobalah tidak takut tuk mulai nulis persoalan yang dihadapi di kelas, trus kira2 jalan keluarnya apa?, terima kasih atas kunjungannya, postingan berikutnya ada contoh ptk pak…!

    Komentar oleh joko prabowo | 24 Januari, 2009

  3. silahkan bapak me-link blog saya, dan buku saya dan pak dedi tentang PTK sdh terbit, salam

    wijaya kusumah
    hp. 0815 915 5515
    ======
    @terimakasih pak, semoga kita bisa memotivasi kinerja rekan guru…. terus berkarya dan sukses pak wijaya…

    Komentar oleh kusumah wijaya | 3 Februari, 2009

  4. assalammu’alaikum….
    pak saya adalah salah satu siswa sMA N 2 mejayan, saya melihat blog bpk.memang menarik, kalau boleh saran, apakah di sediakan juga oleh bpk. mungkin artikel tentang remaja….????
    ======
    @prihatin m’endah dan mas rico, beri harapan hidup dimasa dpn.bhw menjalani hidup harus dengan cerdas, makasih saran n kunjungannya, trus belajar… silahkan mampir lagi…

    Komentar oleh rico | 12 Februari, 2009

  5. Assalamu’alaikum Wr.Wb.

    Pak saya udah mulai menulis karya ilimiah/penelitian tapi saya masih kesulitan bahan-bahan penelitian. Bagaimana cara melakukan penelitian tindakan kelas.
    ======
    Wa’alaikumsalam,
    @mas S.ishak AG,terimakasih kunjungannya… saya juga baru memulai mari belajar bersama…. kita bisa sharing…., mengenai bahan penelitian tentunya problematika dikelas saat bpk sebagai fasilitator KBM , selamat bekerja…. jika sempat mampir lagi…. oh..iya ini sahabatku ; wijayalabs@gmail.com, a.sampurno@gmail.com anda bisa share ttg. PTK
    salam buat keluarga, teman-teman di sekolah dan organisasi… semoga sukses

    Komentar oleh hadagomes | 5 Maret, 2009

  6. bagaimana untuk memulai ptk pak ?
    ======
    @mas budi.., berawal dari masalah apakah PBM yang selama ini kita jalani dapat dioptimalkan ? trus… dengan jalan apa dilakukan?
    intinya panjenengan bisa buat “resep” untuk “obat” siswa di kelas yang sedang “sakit” dalam belajar, selamat mencoba, salam dari Geger

    Komentar oleh budi prayitno | 6 Juni, 2009

  7. harus dimulai dari mana, klo permasalahan yg dihadapi pd saat pembelajaran sangatlah buanyak, tapi untuk menuangkan dalam ptk nya yg suelit bgt, gmna yah……….
    ======
    @anis,salah satu kompetensi guru profesional adalah mampu merumuskan permasalahan…,yakni selisih KBM yang ideal dengan kondisi riil di kelas yang anda kelola, selanjutnya memecahkan masalah yang telah ditentukan dengan strategi yang dikuasai….smoga tidak putus asa & terus semangat

    Komentar oleh anis | 13 November, 2009

  8. enyong ya kaya kue bu anis, terus solusine preben yah ? padahal wis dadi tuntutane guru nggawe ptk nggo perbaikan pembelajaran, yuh kita tanya Galileo
    ======
    @khotimah, substansi membuat PTK adalah sebagai pengelola kelas kita harus bertanggung jawab atas keberhasilan proses (Kegiatan Belajar Mengajar) ndak perlu tanya Galileo…..karena ia tidak tahu kondisi kelas kita… oke

    Komentar oleh khotimah | 13 November, 2009


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: