eko winarto sma 1 jiwan

ILMU;teman dikala sendiri & kawan diwaktu sepi

Sejarah Hari Bumi

Tulisan ini dibuat menjelang penilaian Sekolah Adi Wiyata tingkat Nasional pada akhir April 2009 di SMAN 1 Geger

maskot_2

Hari Bumi – 22 April – setiap tahunnya menandai hari jadi kelahiran yang modern di lingkungan gerakan 1970.

Antara lain, 1970 di Amerika Serikat dengan membawa the Kent State shootings, yang datangnya dari serat optik, “Bridge Over Troubled Water,” Apollo 13, the Beatles’ last album, kematian Jimi Hendrix, yang lahir dari Mariah Carey , dan bahan bakar meltdown tongkat di Sungai Savannah nuklir tanaman di dekat Aiken, South Carolina – kejadian yang tidak diakui selama 18 tahun.

Ia masuk ke dunia yang seperti itu yang pertama Hari Bumi dilahirkan.

Hari Bumi pendiri Gaylord Nelson, maka US Senator dari Wisconsin, diusulkan pertama nasional lingkungan protes “untuk mengocok politik pendirian dan memaksa masalah ini ke dalam agenda nasional.” “Ia adalah judi,” he recalls, “tetapi bekerja . ”

Pada saat itu, Amerika telah slurping leaded gas melalui besar V8 sedans. Industri belched keluar asap dan lumpur dengan sedikit takut konsekuensi hukum atau buruk tekan. Polusi udara umum telah diterima sebagai bau kesejahteraan. Lingkungan adalah sebuah kata yang lebih sering muncul dalam ejaan lebah dari pada malam berita.

Hari Bumi 1970 ternyata bahwa semua sekitar.

April 22, 20 juta orang Amerika itu ke jalan-jalan, taman, dan untuk menunjukkan auditoriums untuk sehat, pembangunan lingkungan. Denis Hayes, koordinator nasional, dan staf muda yang diselenggarakan besar-besaran ke pantai-pantai-rallies. Ribuan universitas disusun protes terhadap lingkungan yang rusak. Kelompok yang telah memerangi minyak spills, pencemaran pabrik-pabrik dan pembangkit tenaga listrik, mentah kotoran, racun kesedihan, pestisida, freeways, hilangnya hutan belantara, dan satwa liar pemadaman tiba-tiba mereka menyadari bersama nilai-nilai umum.

Denis Hayes – Ketua Kehormatan, Hari Bumi Jaringan

hrbumi70_21Hari Bumi 1970 mencapai langka politik alignment, enlisting Republicans dan dukungan dari Demokrat, kaya dan miskin, kota slickers dan petani, pemimpin tycoons dan tenaga kerja. Hari Bumi pertama menyebabkan penciptaan di Amerika Serikat dan Badan Perlindungan Lingkungan petikan dari Clean Air, Air Bersih, dan Endangered Species bertindak.

Sen Nelson yang telah diberikan Presiden Medal of Freedom – kehormatan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil di Amerika Serikat – untuk perannya sebagai pendiri Hari Bumi.

Sebagai mendekati 1990, sekelompok pemimpin lingkungan ditanyakan Denis Hayes untuk mengatur kampanye besar lain. Kali ini, Hari Bumi pergi global, memobilisasi 200 juta orang di 141 negara dan pengangkatan status masalah lingkungan hidup di dunia panggung. Hari Bumi 1990 memberikan besar untuk meningkatkan upaya daur ulang di seluruh dunia dan membantu membuka jalan bagi PBB 1992 Bumi Summit di Rio de Janeiro.

Sebagai mendekati milenium, Hayes sepakat untuk membuka jalan bagi kampanye lain, kali ini difokuskan pada pemanasan global dan untuk mendorong energi bersih. Hari Bumi 2000 gabungan besar-gambar dari feistiness pertama Hari Bumi dengan internasional aktivisme akar rumput yang Hari Bumi 1990. Untuk tahun 2000, Hari Bumi memiliki link internet untuk membantu aktivis di seluruh dunia. Pada saat terguling sekitar 22 April, 5000 kelompok-kelompok lingkungan di seluruh dunia yang on board, menjangkau ratusan juta orang di catatan 184 negara. Peristiwa bervariasi: J berbicara drum rantai perjalanan dari desa ke desa di Gabon, Afrika, misalnya, sementara ratusan ribu orang berkumpul di National Mall di Washington, DC, Amerika Serikat.

Hari Bumi 2000 mengirim pesan yang keras dan jelas bahwa warga negara dunia ‘sepanjang ingin cepat dan tindakanadm-edn_21 tegas pada energi bersih.

Kini, berjuang untuk membersihkan lingkungan terus. Kami mengundang anda untuk menjadi bagian dari sejarah dan ini merupakan bagian dari Hari Bumi. Temukan energi anda tidak tahu bahkan telah Anda. Ia merasa bergemuruh melalui akar rumput di bawah kaki Anda dan teknologi di ujung jari Anda. Saluran ke dalam gedung yang bersih, sehat, beragam dunia bagi generasi mendatang. Info dikutip dari http://www.earthday.net/

EPA Administrator William K. Reilly

dengan mantan

Senator Gaylord Nelson, Hari Bumi 1990.

22 April, 2009 - Posted by | Uncategorized | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: