eko winarto sma 1 jiwan

ILMU;teman dikala sendiri & kawan diwaktu sepi

SMA 1 Geger diantara Sekolah-Sekolah yang lain

Tulisan ini disusun agar segenap keluarga besar SMA Negeri 1 Geger bersikap Tawaduk dan Amanah
websmageger1

Pada hari Rabu , 18 Februari 2009 SMAN 1 Geger mendapat tamu beberapa guru dari SMAN 2 Mejayan, dari kata sambutan Pak Muhadi, S.Pd ( Kepala Sekolah ) ; kedatangannya ingin melakukan studi banding.

Sementara seminggu sebelumnya tiga rekan guru sebagai utusan dari SMAN 3 Nganjuk juga berencana akan melakukan studi banding ke SMA 1 Geger.

Pertanyaan kita (segenap warga SMA Geger) adalah ; Apakah Sekolah ini layak dibandingkan dengan SMA lainnya ? Bukankah potensi dan standar sekolah berbeda-beda, dan tidak bijak jika kita bandingkan, karena dikawatirkan muncul perasaan-perasaan negatif seperti iri hati atau kecewa pada diri sendiri, mengaiaya rasa sukur atas perjuangan yang selama ini dilakukan.

Namun dengan senang hati kami terima kunjungan sahabat untuk berbagi informasi seputar Sekolah Kategori Mandiri (SKM), Sekolah Adiwiyata khususnya dan informasi pengelolaan pendidikan pada umumnya.

Kalau boleh mendiskripsikan tentang SMA 1 Geger ;

Tahun Pelajaran 2008/2009 telah dipercaya mengelola SKM tahap II, artinya dana yang sama sudah kami kelola img_0492_resize_resizedengan segenap potensi seluruh warga SMA 1 Geger sejak tahun 2007/2008, yang insyaalloh dari tahun ke tahun kami selalu mengukur kemajuan pelaksanaannya berdasarkan prestasi tahun sebelumnya.

Tahun ini juga SMA 1 Geger akan berjuang memperoleh piala Adi Wiyata dari Presiden RI setelah Sertifikat Sekolah Adi Wiyata pada tahun 2007/2008 diterima oleh Bapak Drs. H. Agus Purwanto, M.Pd (mantan Kepala Sekolah yang sekarang Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Kejuruan Dinas Pendidikan Kab. Madiun).

Dalam sejarah keberadaan SMA 1 Geger belum pernah didengar ada siswa yang tidak lulus ujian, Hal itu tidak membuat kami lengah untuk berusaha mempersiapkan siswa kelas XII menghadapi UN tahun 2008/2009, dengan langkah-langkah antara lain ; proses KBM tiga bulan ini pengajar mapel UN dan siswa berkonsentrasi dengan SKL, tugas mandiri siswa berkaitan dengan soal UN berdasar SKL diintensifkan, mengingat kelas XII tahun ini, terindikasi lemah movisi belajarnya, sebagai dampak PSB hasil seleksi NUN yang kurang mencerminkan kemampuan akademik riil.

Kami sepakat bahwa tahun ini harus lebih sehat dari tahun kemarin, pendapatan dan sumbangan tahun ini harus lebih tinggi dari taun lalu, pengetahuan yang disebarkan harus ditingkatkan dari tahun silam, relasi dan tali silaturrahmi direntangkan lebih lebar, kualitas berbuat lebih baik dipersering dan diteruskan.

img_0513_resize_resizeDengan cara seperti itu kita ternyata lebih mampu mengatasi penyakit-penyakit iri hati, dengki, dan rasa kecewa pada diri sendiri. Lebih-lebih di era hiper kompetensi ini kita harus membuang jauh pikiran SMA lain sebagai pesaing , dan siapa saja yang berusaha mengalahkan kita adalah lawan dengan cara apapun….naudzubillah….

Akhirnya setiap orang yang berhasrat besar untuk menjadi manusia yang lebih baik perlu merenungkan kata-kata Stuart B. Johnson berikut ini: “Urusan kita dalam kehidupan ini bukanlah untuk mendahului orang lain, tetapi untuk melampaui diri kita sendiri, untuk memecahkan rekor kita sendiri, dan untuk melampaui hari kemarin dengan hari ini.” di kutip dari cerita motivasi yang berjudul; Memecahkan rekor oleh Andrias Harefa

24 Februari, 2009 - Posted by | motivasi | , , , , , , , ,

12 Komentar »

  1. wah, sekolah yang hebat
    pasti bangga banget jadi siswa di sana🙂
    ======
    @jipajip, kebanggaan sebagai warga sekolah… motivasi tersendiri bagi kami, terimakasih dah mampir n komentarnya….yang pasti kegiatan apapun akan sukses jika kita bangga melakukan…, terus semangat dan sukses…..

    Komentar oleh jipajip | 24 Februari, 2009

  2. setahu aku…
    smager tidak di tengah2 sekolah2…
    smager di tengah swah…

    jangan salahkan daku yang bodo ini….
    alumni ’07
    ======
    @eko temon, kenapa susah wong pernah tinggal di tengah sawah….hah..ha..!?! indikasi sukses tidak memanjakan diri saat ini, terus semangat anakku…. do’aku menyertaimu

    Komentar oleh temon | 25 Februari, 2009

  3. “sebuah foto yang mencerminkan kerukunan dan kebersamaan….
    walaupun sudah menginjak manula,tetapi tetap semangat untuk maju,demi mencerdaskan anak didik.salut…salut…dan salut..
    ======
    @ mas sigit, amanah ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani

    Komentar oleh luvsigit | 25 Februari, 2009

  4. “Siiip markusip” klo boleh pinjam istilahnya P Bondan.
    Maaf sblmnya (krn anak paling bungsu d sma) Klo boleh nambahi.. kita sudah yakin memilih profesi kita sbg pendidik, dan bukan salah milih pekerjaan alias terjerumus sbg guru…. termasuk saya kali.

    So kta hrs sadar sesadarnya bahwa profesi qta sbg ‘public oriented’ dan bukan ‘businis oriented’, jadi mari qta dukung penuh agenda dan program2 sekolah untuk mengantarkan anak didik qta mnjadi yang lebih baik,mnjdi lbh berkwalitas akhlak dan Ipteknya, dan saya “sepakat bahwa tahun ini harus lebih sehat dari tahun kemarin, pendapatan dan sumbangan tahun ini harus lebih tinggi dari taun lalu,…….” kt Ki Master Eko Winarto.

    Jgn takut lari, lari dan lari terus SMA 1 Geger… kami mendukungmu almamaterku tercinta…. walau kadang keconthalan!!!

    Sukses!
    ======
    @ mas latif, mari sedekah ilmu lewat blog, sebagai bungsu diharap dapat menatap tajam sma geger abad 21, bersama kita bisa….semoga TYME ridho…

    Komentar oleh lathif | 2 Maret, 2009

  5. Lama nddak pulang kampung, gmana kabrnya sekolahku doeloe ya..? yg jelas sy sngt berterimakasih pd bpk ibu gr shg jd seperti skrg ini, sy alumni ’90 dan dah menetap di SBY 10 thn. mudah2an SMAN 1 uteran/geger tambah maju dan sukses , selalu menjujung profisionalisme, berorientasi pada pendidikan bukan bisnis.
    Segenap alumni kapan ni… ada REUNI…???
    ======
    @wawan, harapanmu insyaalloh sama dengan misi sma ini, silahkan galang alumni tuk memberi masukan lewat forum reuni…,terimakasih sudah mampir…..

    Komentar oleh WAWAN | 15 Maret, 2009

  6. kulo nuwun….

    bravooo sma 1 geger….
    ditunggu kabar2 menarik berikutnya…

    hatur nuhun.
    ======
    @yono.. makasih kunjungannya…

    Komentar oleh yono | 13 April, 2009

  7. Sma 1 Geger, memang top markotop, ‘pinjem jg dr P.Bondan’. Tp kok blog para gurunya banyak yang jarang di update? Terutama P.Mahmudi, padahal dahulu beliau yang banyak memberikan dasar-dasar pengetahuan komputer.
    ======
    @Anas….,semakin top jika alumni memberi masukan di web http://www.sma1geger.sch.id/geger.php, salam dari rekan guru dan sukses buat ananda…

    Komentar oleh AN-XOIN | 13 April, 2009

  8. assalamualaikum. waduh..aku kangen banget sama suasana smager! buat bpak ibu guruku sya ucapkn bnyak2 trima kasih atas jasa2nya dan sem0ga sek0lah kita makin Jaya! ehm,ng0m0ng2 kelas XIIS3,l0kasinya apa msih sma ya sma yg dlu? salam buat tmen2 di smager…!

    Komentar oleh Anjarko alumni tahun 2008 XIIS3 | 1 Mei, 2009

  9. smaQ tcnta…………emg smkin ok n siiiiiiiiip
    kapan reuni? kgennnnn
    ======
    @rahma, silahkan d rembug di http://www.sma1geger.sch.id/geger.php

    Komentar oleh rahma | 15 Juni, 2009

  10. Alhamdulillah saya bisa ikut nimbrung di sini, maklum Pak Eko di saat liburan ini waktu saya sudah banyak longgarnya. Padahal kalau di ruang guru kita duduknya saling singkur-singkuran. Semoga saja pas singkur-singkuran tidak ada yang mengeluarkan angin belakang ya Pak Eko. Boleh kita sambung lagi nantinya. Suwun
    ======
    @ p.agus, ha…ha…ha… yang jelas angin yang membewa smager diminati masyarakat n semakin jaya, semoga kita bisa…

    Komentar oleh agus widagdo | 30 Juni, 2010

  11. di sma 1 geger si adakan lomba-lomba buat anak smp gak??
    ======
    @nadia, ditunggu masih konsentrasi penilaian sekolah adiwiyata nasional hari ini, 10 Maret 2011

    Komentar oleh nadia prima | 27 Februari, 2011

  12. Yth.Bp.Eko Winarto.
    bagaimana mempertahankan status sekolah adiwiyata di SMA kita ini,padahal 2012 ini kan ada nominasi lagi.
    kita segenap murid menunggu jawaban itu.
    ======
    @najib, implementasikan budaya peduli lingkungan bagi seluruh warga sekolah dalam bentuk kegiatan nyata sehari-hari (misal tidak membiarkan sampah/kotoran di lingkungan kelas/sekolah) maupun secara berkala (misal ;program osis sehari tanpa asap knalpot atau ide siswa terkait memberdayakan masyarakat lingkungannya) silahkan kembangkan ide kreatif ananda yang baru di kls X buat mendukung nilai keunggulan sekolah kita, selamat berjuang nak….sukses senantiasa ada pada orang-orang serius dan peduli

    Komentar oleh perwakilan kelas 10 smager | 14 Maret, 2012


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: