eko winarto sma 1 geger

ILMU;teman dikala sendiri & kawan diwaktu sepi

Kisi-Kisi Ujian Sekolah PKn SMA

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DI UJI
1 Memahami hakekat bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Siswa dapat mengidentifikasikan unsur-unsur terbentuknya negaraSiswa dapat menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan.Siswa dapat mendiskripsikan tentang konsep negara kesatuan.Siswa dapat menjelaskan konsep nasionalisme dan patriotisme
2 Menganalisa sikap positif  terhadap penegakan hukum,peradilan nasional dan tindakan anti korupsi Siswa dapat menjelaskan sistem hukum dalam negara hukum.Siswa dapat mengidentifikasi peran lemba-ga peradilan nasional.Siswa dapat memaparkan contoh sikap yang sesuai dengan koridor hukumSiswa dapat mendeskripsikan peran KPK
3 Menganalisis pola-pola dan partisipasi aktif dalampemajuan, penghormatan serta penegakan HAM baik di Ind. maupun di luar negeri Siswa dapat menjelaskan pengertian, makna dan jenis HAM.Siswa dapat mengidentifikasi upaya pemerintah dalam menjamin penegakan HAM.Siswa dapat menganalisis peran peradilan HAM internsional dalam penegakan HAM diseluruh dunia
4 Menganalisis peran dan hak warga negara dan sistem pemerintahan NKRI Siswa dapat menjelaskan proses pewarganegaraan WNI.Siswa dapat menganalisis statuskewarganegaraan seseorang menurut pernikahan lintas negara.Siswa dapat membedakan kedudukan antara WNI dan WNASiswa dapat menunjukkan lembaga supra struktur politik.Siswa dapat Menampilkan sistem politik Indonesia

Siswa dapat menganalisis sistem pemerintahan menurut konstitusi suatu negara.

Siswa dapat menjabarkan sistem pemerintahan Indonesia

Siswa dapat mengidentifikasikan peran demokrasi dalam sistem pemerintahan Indonesia

5 Menganalisis budaya politik demokrasi,konstitusi, kedaulatan Negara, keterbukaan dan keadilan di Indonesia Siswa dapat mendeskripsikan budaya politik yang berlaku di suatu negara.Siswa dapat menguraikan tipe-tipe budaya politik yang berkembang di Indonesia.Siswa dapat menjelaskan pengertian dan bentuk sosialisasi politik.Siswa dapat menyebutkan berbagai macam bentuk pola partisipasi politik warga negaranya.Siswa dapat mendefenisikan jenis keadilan yang diperkenalkan oleh berbagai tokoh.

Siswa dapat memaparkan pemerintahan yang baik.

Siswa dapat menjelaskan sikap yang mencerminkan keterbukaan dan keadilan yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Siswa dapat menunjukkan peran dan fungsi yang melekat pada lembaga pers nasional.

Siswa dapat menjelaskan perkembangan pers Indonesia.

Siswa dapat menganalisis pers demokratis yang dicita-citakan.

6 Mengevaluasi hubungan internasional dan sistem hukum internasional Siswa dapat menentukan faktor – faktor yang mempengaruhi hubungan internasional.Siswa dapat menjelaskan tahap-tahap terjadinya perjanjian internasional.Siswa dapat membandingkan antara perwakilan diplomatik dengan perwakilan konsuler.
7 Mengevaluasi sikap berpolitik dan bermasyarakat madani sesuai dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 Siswa dapat mengidentifikasi prinsip-prinsip kehidupan demokrasi.Siswa dapat menjelaskan ciri-ciri masyarakat madani.Siswa dapat menganalisis perkembangan pelaksanaan demokrasi Indonesia.Siswa dapat mengidentifikasikan tahapan budaya politik yang berkembang di suatu negara.Siswa dapat mendeskripsikan peran pancasila sebagai ideologi terbuka.

Siswa dapat mendeskripsikan peran Pancasila sebagai paradigma pembangunan.

Siswa dapat menganalisis contoh sikap yang sesuai dengan ideologi pancasila.

8 Menganalisis peran Indonesia dalam politik dan hubungan internasional, regional dan kerjasama global lainnya Siswa dapat menjelaskan peran dan fungsi hubungan internasional.Siswa dapat menentukan tahapan faktor-faktor yang mempengaruhi batalnya perjanjian internasional.Siswa dapat mengidentifikasikan fungsi staff diplomatik di suatu negara.Siswa dapat menunjukkan peran berbagai organisasi internasional.Siswa dapat menjelaskan manfaat adanya perjanjian internasional antar negara.

Siswa dapat mendeskripsikan dampak positif globalisasi bagi suatu negara.

Siswa dapat mengidentifikasikan pengaruh negatif yang muncul sebagai dampak dari globalisasi.

Siswa dapat menganalisis aspek globalisasi yang bertentangan dengan kepribadian bangsa.

9 Menganalisis sistem hukum internasional, hukum internasional, timbulnya konflik internasional dan mahkamah internasional Siswa dapat mendeskripsikan peran hukum internasional dalam mewujudkan perdamaian dunia.Siswa dapat mendiskripsikan faktor penyebab munculnya sengketa internasional.Siswa dapat menghargai setiap putusan yang diambil oleh Mahkamah internasional dalam menyelesaikan sengketa antar negara.

Selengkapnya kisi-kisi Ujian PKn SMAN1 Geger th 2009/2010, ujian PKn th 2010/2011, UAS PKn th 2011/2012
analisis: Kelompok  Mapel, Tujuan PKn, SKLPKn_2012

2 Komentar »

  1. trim’s bantuan kisi-kisinya bisa untuk sharing saya
    ======
    @p.sugeng, sama-sama…semoga bermanfaat

    Komentar oleh sugengdjokowidodo | 18 Februari, 2010

  2. bantuan bapak berharga buat saya
    ======
    @budi, amin…semoga sukses selalu

    Komentar oleh budi | 28 Februari, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: