eko winarto sma 1 geger

ILMU;teman dikala sendiri & kawan diwaktu sepi

PTK Pengajaran Berbasis Inquiry dalam PKn (2)

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

ar1A. Lokasi Penelitian

Penelitian saya lakukan untuk mengkaji pembelajaran PKn dengan jumlah pertemuan satu kali setiap minggu dua jam pelajaran selama 90 menit di kelas X ( jenjang kelas dengan kurikulum 2004) pada SMA Negeri 1 Geger Kabupaten Madiun. Adapun situasi sekolah dapat didiskripsikan sebagai berikut ;

SMA Negeri 1 Geger, memiliki tujuh kelas paralel dengan rata-rata siswa per kelas 40 orang dengan kemampuan akademik rata-rata baik. Ruang kelas standar, beberapa kelas tempat duduk siswa satu set dengan meja belajar (kursi kuliah) dan fasilitas penunjang pembelajaran relatif memadai dengan kondisi lingkungan yang kondusif. Guru mata pelajaran PKn tiga orang termasuk peneliti .

Adapun faktor yang diselidiki meliputi ;

1. Faktor Siswa: dengan melihat aktifitas belajar KD Penegakan HAM dan Implikasinya mata pelajaran PKn pada pembelajaran di kelas melalui pendekatan inkuiri .

2. Faktor Guru : dengan melihat cara guru dalam merencanakan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan di kelas.

B. Bentuk dan Strategi Penelitian

Dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa, peneliti dan kolaborator telah menyusun rencana umum tindakan yang akan dilakukan berdasarkan hasil diskusi selama pengamatan pra-observasi. Dalam perencanaan umum ar_2untuk mengatasi masalah yang dihadapi, peneliti bersama guru berkolaborasi merencanakan pengajaran berbasis inkuiri. Guru dan siswa juga akan bertukar pikiran mengenai masalah yang dihadapi siswa di dalam proses pembelajaran. Semua saran dari siswa akan dicatat oleh guru dan kolaborator. Para Kolaborator diharapkan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Sewaktu guru mengajar, kolaborator memperhatikan, mencatat dan mengumpulkan data yang diperlukan. Setiap akhir pertemuan pengajar, peneliti dan kolaborator mendiskusikan dan mengevaluasi kejadian pengajaran yang disusun kedalam catatan lapangan.

ar_3Para kolaborator yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang merupakan kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejenis (MGMP) tingkat sekolah. Keterlibatan kolaborator dalam kegiatan ini sejak pra observasi sampai dengan akhir penelitian. Hal ini dilakukan agar masukan / kritik, saran dan evaluasi obyektif terhadap proses pembelajaran diberikan secara berkesinambungan.

C. Sumber Data dan Teknik Pengumpulan Data

Menurut Lofland yang dikutip Moleong (2002;112)dalam Metodologi Penelitian Kualitatif dinyatakan bahwa ; sumber data utama ialah kata-kata dan tindakan. Berkenaan dengan hal itu dalam penelitian ini, data diperoleh dari siswa dan guru yang menjalankan proses pembelajaran di kelas.

Data aktifitas siswa diperoleh dari ;

1. Hasil pengamatan dengan format observasi yang telah ditetapkan.

2. Pengisian Rubrik yang diperhitungkan dengan persentasi dan peringkat di setiap siklus.

Data kreatifitas guru sebagai fasilitator pembelajaran diperoleh dari ;

1. Hasil pengamatan dengan format observasi kolaborator.

2. Kesan siswa yang diperoleh dari pernyataan siswa yang disampaikan kepada kolaborator.

Sedangkan proses pembelajaran diperoleh data dari catatan lapangan yang di buat setiap akhir siklus penelitian.

D. Teknik Analisis Data

Setelah diperoleh data kegiatan berikutnya adalah melakukan analisis, adapun teknik yang dipakai pada penelitian ini Model Interaktif dari Miles dan Huberman yang diterjemahkan Rohidi ( 1992;20 ) : Ada tiga hal utama yang saling berinteraksi dalam model ini, yakni ; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Ketiganya saling menjalin pada sebelum, selama, dan setelah pengumpulan data dalam bentuk sejajar guna membangun wawasan umum.

Reduksi data berlangsung secara terus menerus baik sebelum, selama, dan setelah penelitian lapangan, bahkan sampai laporan akhir tersusun. Bagian data mana yang digunakan dan mana yang dibuang merupakan pilihan analisis dalam proses reduksi untuk menajamkan kesimpulan dan verifikasi.

Penyajian data sebagai kumpulan informasi tersusun agar memungkinkan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Peneliti akan dapat memahami apa yang sedang terjadi dan apa yang harus dilakukan dengan melihat data, kemudian menganalisisnya berdasarkan pemahaman / pengalaman dan studi literatur.

Menarik kesimpulan / verifikasi adalah kegiatan yang dilakukan atas dasar catatan lapangan serta melalui tukar pikiran diantara teman sejawat untuk membangun kesepakatan setelah diyakini validitas datanya.

Berkenaan dengan skala sikap dan minat siswa terhadap mata pelajaran Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Penegakan HAM dan Implikasinya dapat dianalisa menarik / positif jika jawaban siswa 1 – 2, sebaliknya jika rerata jawaban siswa 4 – 5 berarti tidak menarik minat siswa. Oleh karenanya guru perlu merancang pembelajaran agar mampu menumbuhkan minat siswa dan menyadari pentingnya penegakan HAM.

Selanjutnya ditetapkan skala sikap dan minat siswa ke dalam empat kategori berdasarkan skor yang diperoleh sebagai berikut ;

Skor

Kriteria

6 – 12

Sangat berminat

13 – 18

Berminat

19 – 24

Kurang berminat

25 – 30

Tidak berminat

Tabel 3.1. ; Analisa skala minat siswa terhadap Kewarganegaraan

Adapun hasil observasi pembelajaran di analisis bersama – sama kolaborator, kemudian ditafsirkan berdasarkan kajian pustaka dan pengalaman guru. Standart minimal ketuntasan hasil belajar siswa ditetapkan 80 % dari jumlah siswa sudah mencapai 75 % taraf penguasaan konsep yang diberikan.

E. Rancangan Instrumen Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas ini mengacu pada model rancangan Kemmis dan Taggart ( 1990;b) dengan dua siklus seperti pada ( lampiran 1) Masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu ; (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Dari empat kegiatan tersebut dilakukan dalam tiga langkah, karena pada tahap tindakan dan observasi pelaksanaan secara bersama-sama.

Adapun uraian ketiga langkah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Penyusunan Rencana Tindakan

1.1. Peneliti bersama kolaborator mengidentifikasi materi esensial Kompetensi Dasar Penegakan HAM dan implikasinya.

1.2. Peneliti menyusun Skenario Pembelajaran berbasis inkuiri yang memuat pengalaman belajar siswa dan alat tagihan ( kuis, tugas, tes ulangan harian dan laporan).

1.3. Menyiapkan Lembar Kerja Siswa sebagai pedoman kegiatan belajar.

1.4. Menyusun rencana tugas baik individu maupun kelompok.

1.5. Menyusun format observasi dengan fokus aktifitas siswa dan guru.

2. Pelaksanaan Tindakan

2.1. Peneliti menjalankan skenario pembelajaran berbasis inkuiri yang telah ditetapkan.

2.2. Kolaborator melakukan pengamatan yang terfokus pada aktifitas siswa dan guru untuk mendapatkan bahan menyusun refleksi.

3. Refleksi

3.1. Memeriksa catatan hasil observasi dan kesan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

3.2. Menganalisis kelebihan dan kekurangan pada setiap akhir siklus berdasarkan perhitungan rubrik.

3.3. Menentukan langkah-langkah perbaikan untuk siklus berikutnya hingga tujuan penelitian disepakati telah berhasil.

Instrumen Penelitian yang digunakan adalah Rubrik. Rubrik adalah suatu petunjuk untuk membuat keputusan mengenai kinerja tertentu. Rubrik dapat digunakan oleh guru, karena dapat membantu pekerjaan guru dalam mempersiapkan diri untuk mengajar. Selain itu rubrik sangat bermanfaat bila digunakan sebagai alat evaluasi diri siswa, karena siswa akan belajar banyak mengenai kualitas pekerjaannya.

1. Tipe Rubrik : a. Holistik ; mengevaluasi hasil keseluruhan ( sumatif )

b. Analitik ; mengevaluasi aspek-aspek tertentu (formatif)

2. Komponen-komponen Rubrik :

a. Kriteria Skoring : kriteria untuk penilaian

b.Deskripsi Kriteria :menerangkan harapan-harapan untuk setiap kriteria.

c. Taraf Skoring : jumlah siswa dalam hasil evaluasi.

3. Langkah-langkah pembuatan Rubrik :

a. Tentukan hasil belajar yang diharapkan

b. Diskripsikan secara singkat dan sederhana

c. Setiap butir rubrik harus memfokus pada satu skill tertentu

d. Fokuskan pada bagaimana siswa mengembangkan dan mengekspresikan belajarnya

e. Evaluasi hanya kriteria yang dapat diukur

f. Satu Rubrik digunakan untuk beberapa siklus

Berikut lampiran Rubrik, Silabus dan sistem penilaian, RPP, LKS dan Soal Ulangan Harian bisa diunduh

About these ads

21 April, 2009 - Posted by | laporan ptk PKn | , , , , , , ,

6 Komentar »

  1. tolong dong di tampilin juga PTK yang lengkap
    ======
    @djoko, minggu ini di upload bab IV, terima kasih kunjungannya, sabaar yaaa….

    Komentar oleh djokohadisurjono | 18 Mei, 2009

  2. pak Eko coba kapan-kapan bahas tentang Civic Virtue di Pkn sebagai solusi kesadaran anti korupsi di lingkungan masyarakat dan siswa
    ======
    @mifta, setuju semoga tetap sehat dan semangat….

    Komentar oleh mifta churohman | 29 Mei, 2009

  3. makasih pak eko ptknya bagus, tapi saya juga belum paham betul lain tolong bahas juga contoh ptk dengan tema norma/aturan, makasih
    ======
    @nurhidayat, sama-sama… semoga masih semangat baca dan tulis…he…. 3x

    Komentar oleh nurhidayat | 22 Juli, 2009

  4. tampilkan yang lengkap dunkz…beserta lampirannya..5kch
    ======
    @lechah..,seluruh bab dan lampiran lengkap telah di upload dalam blok ini, silahkan dicari….

    Komentar oleh lechah | 5 Oktober, 2009

  5. Saya baru pertama berkunjung ke blog anda pak. Salam kenal! Secara keseluruhan PTK yang bapak buat bagus. Tapi kalau boleh saya memberi sedikit masukan, mungkin ada baiknya kalau beberapa kalimat yang kurang efektif dibuat lebih efektif lagi. Misalnya untuk manfaat penulisan, kalau menurut saya tidak perlu lagi diberi ulasan awal. Tapi langsung seperti ini misalnya :
    E. Manfaat Penelitian
    Manfaat penelitian ini adalah:
    1.Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran…
    Ini menurut saya lo pak…! Oke…! See you again! Thanks.
    ======
    @halifah, terima kasih sarannya… salam kenal kembali dari gurugeger, madiun

    Komentar oleh Halifah hastuti | 14 Oktober, 2009

  6. q mw tnya bagaimana membuat perancangan media pembelajaran berbasis e learning untuk peljaran pkn. terimakasih
    ======
    @deethan, bisa belajar di PSB (Pusat Sumber Belajar) SMA ; http://www.psb-psma.org/

    Komentar oleh deethan | 25 Februari, 2010


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: