eko winarto sma 1 geger

ILMU;teman dikala sendiri & kawan diwaktu sepi

PTK Pengajaran Berbasis Inquiry dalam PKn

Pengunjung yang budiman, setelah abstrak 1 dan outline PTK 1 telah di unduh dari dua postingan sebelumnya, berikut kita lanjutkan belajar menulis penelitian tindakan kelas dengan contoh  laporkan PTK PKn yang saya buat pada tahun 2005/2006 dengan judul lengkapnya ;inquiry1

Pengajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Penegakan HAM dan Implikasinya di kelas XA semester 1, SMAN 1 Geger, Kabupaten Madiun.

Bab I  Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Strategi Pembelajaran pada hakekatnya adalah prosedur yang sistematis dalam pelaksanaan pengajaran yang merupakan pengejawantahan dari pemahaman pendidik atas tujuan dan organisasi pengajaran serta isi pelajaran. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan paradigma pendidikan menuntut guru lebih inovatif dalam merancang pembelajaran, artinya guru harus melakukan reformasi kelas dalam menyusun maupun melaksanakan pembelajaran. Strategi dalam hal ini merupakan motivasi ekstrinsik yang diharapkan akan dapat membangkitkan motivasi intrinsik.Apabila komponen tujuan, organisasi dan isi umumnya telah ditetapkan, maka komponen strategi tergantung pada kreativitas dan kualitas profesional Guru sebagai pengelola pembelajaran.

Pengalaman mengajar selama 20 tahun di SMA Negeri 1 Geger, selama ini guru kurang kreatif menerapkan inovasi pembelajaran Kewarganegaraan. Hal ini terjadi karena pola pikir belajar diartikan sebagai perolehan pengetahuan, dan mengajar adalah memindahkan pengetahuan kepada siswa, disamping itu pembelajaran ditekankan pada hasil, bukan pada proses. Akibatnya guru terpaksa mengajar dengan sistem konvensional dengan penggunaan metode ceramah dan cara siswa belajar lebih dominan dengan menghafal.

Dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA dewasa ini menurut A. Kosasih Djahiri ( 2000;2 ); bersoko guru pada aktivitas proses belajar siswa kadar tinggi, multi domain, dan multi dimensional. Ini berarti bahwa saat merancang skenario pembelajaran harus diperhitungkan pendekatan yang bervariasi. Hal tersebut sejalan dengan hakekat manusia yang secara faktual selalu utuh dalam berfikir dan berperilaku, serta hakekat kehidupan yang selalu berkorelasi.

Kualitas pembelajaran dapat dilihat dari segi proses dan hasil. Menurut Mulyasa (2003 ; 101): Proses pembelajaran dikatakan efektif apabila seluruh siswa sekurang-kurangnya 75 % terlibat secara aktif, baik mental, fisik, maupun sosialnya. Sedangkan dari segi hasil, kualitas pembelajaran dikatakan baik apabila terjadi perubahan perilaku yang positif dari siswa antara lain; kemampuan menggali dan mengolah informasi, mengambil keputusan, menghubungkan variabel.

Nurhadi, ( 2004;43 ) Inkuiri pada dasarnya adalah suatu ide yang kompleks, yang berarti banyak hal, bagi banyak orang, dalam banyak konteks. Pengajaran berbasis inkuri (siswa menemukan sendiri) sebagai salah satu strategi dikembangkan untuk memberikan pengalaman belajar yang memungkinkan terciptanya kualitas pembelajaran. Disamping merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran kontekstual, inkuiri yang umumnya diterapkan pada pelajaran sains, akan dicoba diterapkan pada pelajaran IPS khususnya Pendidikan Kewarganegaraan.

Pemilihan strategi dalam rangka pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil dapat diteliti dengan penelitian tindakan kelas, karena penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah atau mengatasi masalah di kelas dengan melakukan tindakan.

B. Rumusan  Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas, maka rumusan masalahnya, yaitu:
  1. Apakah pendekatan inkuiri dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa untuk kompetensi dasar Penegakan HAM dan Implikasinya pada mata pelajaran PKn?
  2. Apakah pendekatan inkuiri dapat menumbuhkan kreatifitas guru dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar Penegakan HAM dan Implikasinya.
  3. Apakah pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMAN 1 Geger?

C. Tujuan Penelitian

Secara umum penelitian ini bertujuan meningkatkan profesionalisme guru dalam mengelola pembelajaran sehingga dapat mewujudkan kualitas proses dan hasil belajar siswa, selain itu akan diperoleh informasi baru tentang efektifitas pendekatan inkuiri dalam pembelajaran Kewarganegaraan.

Secara Khusus penelitian ini bertujuan ;
  1. Melalui penelitian tindakan kelas dapat memecahkan masalah / hambatan dalam pembelajaran PKn terutama Kompetensi Dasar Penegakan HAM dan Implikasinya kelas XA SMAN 1 Geger
  2. Melalui Inkuiri memberikan pengalaman belajar siswa untuk membangun kecakapan hidupnya secara mandiri.
  3. Mengembangkan kreatifitas guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran sehingga mutu pembelajaran dapat ditingkatkan.

D. Hipotesis Tindakan

Berdasarkan masalah dan tujuan penelitian , maka hipotesis tindakan “ Pengajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan kualitas pembel-ajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk kompetensi dasar penegakan HAM dan implikasinya”.

Ditinjau dari dimensi siswa dan guru hipotesis tindakan dapat dibagi kedalam dua hal sebagai berikut ;

  1. Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kualitas belajar siswa terhadap kompetensi dasar penegakan hak asasi manusia dan implikasinya.
  2. Pendekatan inkuiri dapat meningkatkan kualitas pengajaran guru mengenai konsep penegakan hak asasi manusia dan implikasinya.

E. Manfaat Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas dilakukan karena menginginkan peru-bahan ke arah lebih baik dari apa yang selama ini dijalankan guru, oleh karena itu kegiatan penelitian ini merupakan suatu strategi pemecahan masalah yang memanfaatkan tindakan nyata dan proses pengembangan kemampuan dalam mendeteksi dan memecahkan masalah. Dalam prosesnya, pihak yang terlibat saling mendukung, dilengkapi dengan fakta-fakta, dan mengembangkan kemampuan analisis.

Penelitian ini dianggap bahwa tempat kerja guru menyiapkan konteks belajar untuk dua tim ahli (peneliti yang terlatih dan para praktisi pendidikan/guru-guru di sekolah). Dalam hal ini dinilai pemahaman praktis dan keputusan guru, juga budaya kerja dan kondisi sosial dipertimbangkan serta dihargai. Kolaborator tidak berasumsi bahwa hasil penelitiannya akan merupakan teori yang dapat digunakan secara umum atau untuk orang lain, ia hanya memikirkan kepentingannya sendiri dengan tujuan agar tugasnya sehari-hari dapat dilakukan dengan baik.

Bila dilihat dari ruang lingkup, tujuan, metode dan prakteknya, diharapkan terbangunnya sikap kritis guru mengenai apa yang mereka lakukan tanpa tergantung pada teori bersifat universal dan ditemukan oleh para pakar penelitian yang seringkali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas yang mempunyai ciri berbeda.

Berdasarkan hal di atas manfaat penelitian ini ialah ;
  1. Memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMAN 1 Geger.
  2. Diperoleh seperangkat pengalaman baru dalam inovasi pembelajaran sebagai upaya meningkatkan profesionalisme guru yakni menyusun dan melaksanakan rencana pengajaran yang sudah disesuaikan dengan situasi dan kondisi kelas.
  3. Mendorong sekolah untuk melakukan pengamatan sendiri, mencari solusi yang cocok tentang masalah pembelajaran, serta mengadakan eksperimen pendidikan yang inovatif.

Berikutnya bisa dibaca dan di unduh bab II Kajian Pustaka dan daftar rujukan untuk menyusun laporan PTK

……kami berbahagia  jika pengunjung meninggalkan komentar……

About these ads

21 Februari, 2009 - Posted by | laporan ptk PKn | , , , , , , ,

75 Komentar »

  1. salam kenal,
    sebelumnya saya perkenalkan dulu, latar belakang saya bukan dari pendidikan tapi berminat dalam bidang penelitian pendidikan. dari artikel yang bapak paparkan terus terang baru bisa saya pahami 25% ada, karena itu mohon maaf bila pertanyaan saya ini bersifat “dari nol”
    1. mohon di beri gambaran singkat ttg PTK
    2. apakah PTK merupakan materi yang di pelajari di perkuliahan?
    3. apakah PTK hanya berlaku untuk PKn aja? bisakah di terapkan pada bidang lain? (misal SDM siswa, guru, situasi kelas, dll)
    sebenernya banyak sekali yang ingin saya tanyakan tapi untuk sementara saya mohon respon bapak untuk pertanyaan di atas.
    ======
    @puti, salam kenal kembali. terima kasih telah berkunjung
    1. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas
    2. Diperkuliahan, bisa dilakukan Dosen untuk memperbaiki proses perkuliahan
    3. PTK bisa dilakukan untuk semua mata pelajaran/mata kulian agar hasil belajar dapat maksimal

    terima kasih

    Komentar oleh puti | 7 April, 2009

  2. terima kasih banyak, dengan adanya contoh ptk ini, saya bisa belajar cara membuat ptk
    ======
    @pak nur, mari sama-sama kita belajar memperbaiki proses KBM… silahkan mampir lagi… salam dari geger

    Komentar oleh nur abidin | 15 April, 2009

  3. perkenalkan saya romdiah saya sekarang kuliah semester 8 di upi.
    saat ini9 saya sedang plp di SMA N 23 BANDUNG.
    dengan adanya contoh ptk ini saya berharap saya bisa membuat ptk setelah plp selesai dengan baik dan benar. terima kasih
    ======
    @mbak romdiah, semoga sukses dalam mewujudkan cita-cita mulia

    Komentar oleh romdiah rizqi rahayu | 16 April, 2009

  4. terima kasih banyak dengan contoh PTK yang bapak kasi.,.sangat berguna sekali buat saya..tapi saya tetep juga belum terlalu mengerti PTK..kalau boleh saya rikues adaga contoh skripsi PTK untuk pembelajaran TIK di SMA/SMK
    ======
    @pak udayana…,prinsipnya pelajaran apapun sama saja, masalahnya bagaimana memperbaiki hasil dalam PBM.

    Komentar oleh udayana | 22 April, 2009

  5. Salam hormat,
    Menurut Bapak, untuk mata pelajaran produktif di SMK yang memiliki Bidang Keahlian Teknik Bangunan, metode apakah yang cocok untuk pembelajaran siswa dalam penyusunan PTK ?
    Terima kasih sebelumnya.
    ======
    @pak nanang, tergantung kondisi siswa, lingkungan belajar, sarana dan prasarana sekolah, panjenengan bisa memilih metode yang dikuasai yang sesuai kondisi sekolah, selamat mencoba…. salam dari geger…

    Komentar oleh Nanang DUPW | 22 April, 2009

  6. Salam hormat,
    Terima kasih banyak.Saya mendapat masukan dan referensi untuk penelitian saya..
    Kalau menurut bapak, apakah inqury akan lebih maksimal jika di kombinasikan dengan discovery?
    Terima kasih sebelumnya.
    ======
    @Astrid…, disarankan satu metode untuk sebuah ptk, salam kembali dari geger

    Komentar oleh Astrid | 5 Mei, 2009

  7. salam hormat dan salam kenal
    saya sangat bersyukur dengan adanya contoh PTK ini karena saya mendapat banyak ilmu dari PTK yang bapak buat, ada nggak contok PTK untuk mapel Pendidikan Agama ISlam SMP?
    ======
    @musmuliadi, salam kenal kembali…., sorry ya… aku hanya memaparkan contoh yang bisa di aplikasikan pada mapel PAI, semoga sukses berlatih….

    Komentar oleh musmuliadi | 13 Mei, 2009

  8. terima kasih atas artikelnya dapat menambah wawasan saya dalam mengembangkan berbagai macam metode pembeajaran.
    ======
    @mbak setyawati, mari kita tingkatkan nilai tawar guru profesional dengan mengembangkan pembelajaran PAKEM, semoga tetap semangat, salam dari geger.

    Komentar oleh setyawati | 31 Mei, 2009

  9. ass. ws. wb

    mas eko tolong dong ptk untuk pkn smp kelas VII.

    terima kasih sebelumnya

    wass. wr. wb
    ======
    @mas joko, kiranya mampu menyusun ptk dengan pola contoh di blog ini, semoga semangat mencoba….

    Komentar oleh djoko hadi surjono | 2 Juni, 2009

  10. Trimas Pk atas keikhlasan bpk membagi ilmunya, semoga bpk tetap sehat and murah rejeki, amin…..
    ======
    @P.Natsir, sama-sama…, trims…kunjungannya silahkan mampir lagi…,salam buat teman-teman guru dan keluarga semoga tetap semangat

    Komentar oleh Moh. Natsir J. | 16 Juni, 2009

  11. sy.senang dengan artikel yang bapak tulis jadi dengan demikian sy bisa mengerti berbagai macam penelitian Khususnya mengenai PTK.karena penelitian sy.jga PTK,klu boleh sy minta penjelasan lebih lanjut ttg PTK.judul skrifsi sy.STRATEGI SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SESUAI STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA SMK KARTINI SINTANG.
    ======
    @saryati.., judul dimaksud bukan penelitian tindakan kelas (PTK) krn.tdk. menjawab problematika proses pembelajaran di kelas, saranku… baca literatur ttg ptk

    Komentar oleh sarayati | 24 Juli, 2009

  12. salam kenal mas eko……sy ningsih mahasiswi STKIP PERSADA KHATULISTIWA SINTANG,semeter 8 jrsn ekonomi.SY MAU tanya bagaiman komentar mas eko ttg judul skripsi sy ” ANALISIS KEGAGALAN PENCAPAIAN STANDAR UAN SISWA JURUSAN IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 2 SINTANG TAHUN 2008/2009″KATA DOSEN SY JUDUL TSB TERLALU RUMIT
    ======
    @ningsih, yang ada bukan standar uan tapi standar kelulusan (SKL), smg tidak putus asa…

    Komentar oleh sarayati | 24 Juli, 2009

  13. Makalah ini membantu guru dalam meningkatkan profesionalisme.
    ======
    @taufik, mari kita ihtiar upgrade diri…. semoga tetap semangat

    Komentar oleh Taufik | 25 Juli, 2009

  14. Kami berharap dalam posting PTK yang lengkap sehingga kami dapat belajar dalam menyusun PTK. Maklum kami guru SD di pedalaman yang masih pemula dan sangat tertarik dalam menyusun PTK
    ======
    @Pak suwoto, sampai kemarin (28 Juli 2009) telah lengkap laporan PTK inkuiri….di blog ini, semoga bersemangat…. salam dari guru geger

    Komentar oleh suwoto | 30 Juli, 2009

  15. Makasih buat tambahan literaturnya,ada nggak yang OKn model PAKEM?
    kirim ya ke emailku
    agusfitriyono@yahoo.co.id
    ternyata tetangga deket. aku asli ngawi. makasih,matursuwun…
    ======
    @mas agus, sama-sama… salam dari geger

    Komentar oleh Agus Fitriyono, | 31 Juli, 2009

  16. Om minta artikel tentang pengertian dan pentingnya keterbukaan dan keadilan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Nah tu aja!
    ======
    @gue, tunggu postingan berikutnya yaaa….. sabar

    Komentar oleh gue | 31 Juli, 2009

  17. Assalamualaikum.Wr.Wb
    salam kenal terimakasih pak atas referensinya..pak ada tidak PTK tentang TIK..kle ada kirim keemail yaa pak ….
    matur thanks you
    ======
    @dedy.., waalakum salam..trim tlh berkunjung (http://www.dhedykurniaone.co,cc …..?????)

    Komentar oleh dedy | 29 Agustus, 2009

  18. thanks pak telah memuat artikel ttg PTK.Begini pak sy mau t ttg brpa lma wakt yg digunakan utk penelitian PTK? & apakah sejauh ini ada kesulian/kendala yg Bpk temui selama melakukan penelitian PTK? sy ingin tau lebih jelas lg ttg PTK.skrg sy lg mempersiapkan dri dlm menghadapi skripsi mohon doanya ya pak agar skripsi sy selesai tepat waktu.By:sarayati Mhswi STKIP SINTANG KAL-BAR

    Komentar oleh sarayati | 2 September, 2009

  19. pak smga ga bosan2nya ma komentr sy. sy mau minta tlg ma bpk minta refprensi ttg PTK pak ke E-mail sy thks tas bantuannya
    BY:SARAYATI MHSWI PPKN STKIP SINTANG

    Komentar oleh sarayati | 2 September, 2009

  20. SALAM KENAL
    SAYA BERTERIMAKASIH SEKALI DENGAN ADANYA CONTOH PROPOSAL ANDA SANGAT MEMBANTU DALAM PENYELASAIAN TUGAS AKHIR SAYA KALAU BISA TLG BERI CONTOH YANG LENGKAP,SEMOGA CONTOH YANG ANDA BERIKAN DAPAT BERMANFAAT BAGI KAMI SEMUA.AMIIN
    ======
    @VIDI, sama-sama semoga sukses…, laporan PTK telah lengkap di upload… trim..

    Komentar oleh VIDHI NUS WANTARA | 5 September, 2009

  21. Salam kenal
    Membaca PTK anda, saya sangat tertarik, mengingat saya juga guru PKN pada sebuah SMP di Kota Sukabumi Jawa Barat. Apabila Anda berkenan, mohon kiranya dapat mengirim PTK tersebut sebagai contoh untuk belajar
    Atas perhatiannya diucapkan terima kasih
    ======
    @Jejen, mari belajar bersama lewat dunia maya…. trim kunjungannya

    Komentar oleh Jejen Jaelani | 15 September, 2009

  22. ass..

    maaf sbelumnya pak, saya sedang menyusun proposal skripsi; saya tertarik menggunakan metode ptk karena menurut saya, jelas bahwa metode ini lebih rasional (berkaitan dengan tujuan) dibanding kualitatif n kuantitatif dalam hal pembelajaran. yang jd masalah, jurusan saya tidak menerima lagi penelitian yang berorientasi pada pengamatan hasil/prestasi belajar siswa. nah, yang ingin saya tanyakan, selain ttg hasil/prestasi, ptk dlm PKn tepat digunakan dalam hal apa??
    ======
    @aaprizal, cobalah meningkatkan kualitas proses pembelajaran dengan melihat aktifitas siswa…,semoga sukses….

    terima kasih..

    Komentar oleh aaprizal | 27 September, 2009

  23. kuucapkan terima kasih pak contohnya…semoga masih ada lagi contoh ptk yang lengkap sehingga kami mudah untuk mengunduhnya…bravo guru.
    ======
    @sudarmono, makasih kunjungannya…, semoga bermanfaat buat peningkatan profesionalisme guru…salam dari geger…

    Komentar oleh sudarmono | 7 Oktober, 2009

  24. trims, telah berbagi ilmu semoga memberikan manfaat yang lebih
    ======
    @sugeng, amiin… trim’s kunjungannya

    Komentar oleh sugeng riyanto | 9 Oktober, 2009

  25. pa, ini kedua kalinya saya masuk di blok bapak, apakah sudah baca komentar saya? dikali kedua ini saya harap bapak sudih membalas pernyataan pertamanya saya (27 oktober 2009) dan semoga mendapat tanggapan.
    ======
    @agung, maaf… pernyataan ttg apa yang harus ditanggapi mas…? terima kasih sudi mampir lagi….

    Komentar oleh agung | 28 Oktober, 2009

  26. salam kenal, pak saya sedang meneliti pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan berpikir kritis dan kreatif, cuma saya masih bingung tentang dimensinya, saya mohon pertolongan dari bapak untuk memberikan gambarannya. trims
    ======
    @astry, judul penelitian yang bagus… sebaiknya dikonsentrasikan di pendekatan proses, shg kualitas pembelajaran bisa ditingkatkan, semoga sukses

    Komentar oleh astryrestari | 28 Oktober, 2009

  27. salam kenal,
    sebelumnya saya perkenalkan dulu, latar belakang saya bukan dari pendidikan tapi berminat dalam bidang penelitian pendidikan. dari artikel yang bapak paparkan terus terang baru bisa saya pahami 25% ada, karena itu mohon maaf bila pertanyaan saya ini bersifat “dari nol”
    1. mohon di beri gambaran singkat ttg PTK
    2. apakah PTK merupakan materi yang di pelajari di perkuliahan?
    3. apakah PTK hanya berlaku untuk PKn aja? bisakah di terapkan pada bidang lain? (misal SDM siswa, guru, situasi kelas, dll)
    sebenernya banyak sekali yang ingin saya tanyakan tapi untuk sementara saya mohon respon bapak untuk pertanyaan di atas.
    =====
    @basuki, PTK untuk memperbaiki kegiatan belajar mengajar semua mata pelajaran dalam proses di kelas…salam dari geger

    Komentar oleh basuki | 6 November, 2009

  28. Terimakasih untuk contoh lap PTKnya
    =====
    @aji, sama-sama semoga bermanfaat buat peningkatan kualitas proses pembelajaran

    Komentar oleh aji | 8 November, 2009

  29. tolong kirim contoh ptk pkn SMP kelas 7
    ======
    @rachma, maaf ya aku bukan agen ptk….,makasih telah mampir…

    Komentar oleh rachma diastanti | 19 November, 2009

  30. jangan hanya ptk sma yang di online tapi juga smp,smk,ma
    ======
    @agus, prinsip PTK jenjang manapun nggak beda….intinya perbaikan proses belajar-mengajar…makasih dah mampir

    Komentar oleh AGUS | 25 November, 2009

  31. tolong donk dikirimi hsl ptknya utk perbandng. trim.
    ======
    @Julia, silahkan di unduh sendiri… prasmanan kok

    Komentar oleh julia | 13 Januari, 2010

  32. ada PTK Pengajaran Berbasis Inquiry dalam IPS di SD nga, please dong tolong. apalagi kalo di Kls. IV SD
    ======
    @tatan, bisa saja dicoba untuk proses PBM IPS IV SD… selamat mencoba…

    Komentar oleh Tatan | 18 Februari, 2010

  33. mohon dikirim yang lengkap ptk pkn dengan metode inquiry

    Komentar oleh giovani | 23 Februari, 2010

  34. salam kenal bapak, saya guru di Denpasar bali ingin membaca contoh mengenai ptk mohon ptk bapak yang lengkap, terima kasih.
    ======
    @reta, semua bab telah di upload…salam dari geger, madiun

    Komentar oleh IWayan Reta | 2 Maret, 2010

  35. Sya sangat senang membaca PTK yg bapak posting ni, dan sya sangat tertarik tentang metode pembelajaran. oleh karena itu apabila bapak mempunyai PTK tentang metode pembelajaran snowball harap di kirim ke email sya. terima ksih. mohon bantuannya ya…. salam hangat wassalam
    ======
    @jajang, makasih atas apresiasinya, ttg. pembelajaran snowball saya belum mencoba, barang kali lain waktu… salam buat teman guru sd pulau seribu 01 pagi dari geger, madiun

    Komentar oleh Jajang Ahmad Sopyan | 19 April, 2010

  36. Saya sangat berterima kasih bapak dapat memberikan contoh ptk bagi rekan-rekan.
    ======
    @sudirman, sama-sama semoga menjadikan semangat untuk menulis…,salam dari geger

    Komentar oleh Sudirman | 28 April, 2010

  37. TERIMA KASIH ATAS INFORMASI INI SANGAT BERGUNA BUAT SAYA KALO BISA ADA YANG LAIN SEBAGAI BAHAN PERBANDINGAN
    ======
    @nindito, sama-sama semangat berjuang

    Komentar oleh NINDITO | 30 April, 2010

  38. Terima kasih banyak atas contoh PTKnya. Kita sama-sama mempunyai amanah mencerdaskan anak bangsa, maka perbaikan-perbaikan dalam mengajar sangat kami butuhkan, demi anak bangsa.
    ======
    @ina, terus semangat – salam dari geger

    Komentar oleh Ina Auliya | 1 Mei, 2010

  39. maaf saya mendonlod ptk ini dan sangat bermanfaat bagi saya
    ======
    @wakija, silahkan semoga bermanfaat

    Komentar oleh wakija | 17 Mei, 2010

  40. terima kasih PTK nya, ini sebagai bahan untuk membuat PTK PKn.
    ======
    @wakija, sama-sama semoga bisa meningkatkan kinerja rekan guru

    Komentar oleh WAKIJA | 27 Mei, 2010

  41. bagaimana klo pengajrn berbasis inqury kt ganti dengan pendekatan Kontekstual????????
    ======
    @maria, tentunya pendekatan jauh lebih luas dari metode mengajar yang disarankan dalam proses ptk

    Komentar oleh Maria Harjoni | 28 Mei, 2010

  42. Bagaiman klo untuk penelitian tesis, InQuri diganti dn pendektan CTL, tolong beri masukan unt tiap siklus pd waktu penelitin dilakukan??????
    ======
    @maria, dalam pendekatan CTL kan ada tahap-tahapan ikuti langkah-langkahnya untuk menentukan rancangan siklusnya, tetap semangat mbak..

    Komentar oleh Maria Harjoni | 28 Mei, 2010

  43. Hallo,salam kenal nih,begitu bermanfaat apa yang bapak tulis,smoga guru-guru di Indonesia tertarik untuk membuat PTK demi meningkatkan profesionalismenya,jangan sungkan-sungkan nulis lagi tentang strategi debat dan jigsaw ya pa.
    ======
    @miming, semoga semangat dan kesehatan senantiasa ada dalam diri kita… salam kenal juga dari Geger-Madiun buatteman guru Sumedang makasih responnya

    Komentar oleh miming karmilah | 28 Mei, 2010

  44. Yang bapak tulis bisa meringankan tugas saya untuk menyusun sebuah PTK. Salam hormat saya dan terima kasih.
    ======
    @citra, semoga sukses dan tetap semangat

    Komentar oleh citra permata | 13 Juni, 2010

  45. makasih bgt. ni membantq
    ======
    @nuraini, sama-sama…

    Komentar oleh nuraini | 17 Juni, 2010

  46. Saya kira tidak ada nama EKO yg hebat. Ternyata ada, yaitu Bapak. Trim, semoga jerih Bapak mendapat ganti yg lebih baik dari Allah swt. Dalam hal penulisan masih ada yg sering kurang pas, misal penulisan AKTIVITAS, masih ditulis AKTIFITAS. EFEKTIVITAS, masih ditulis EFEKTIFITAS. SIKLUS I (Siklus I), masih ditulis siklus I. Maaf, Pak. Hanya masukan
    ======
    @ekowe, perasaan saya biasa-biasa, suwun masukannya…amin do’anya

    Komentar oleh ekowe | 9 Juli, 2010

  47. ptknya mantap sesuai dengan profesi saya selaku guru PKn
    ======
    @zack, smg memberi inspirasi untuk menulis….salam umar bakri dari geger,madiun

    Komentar oleh zack | 18 Juli, 2010

  48. bapak, tolong kirim ke email saya contoh ptk pkn yang lengkap…nuwun…
    ======
    @siti, ada contoh lain niiih…

    Komentar oleh siti musarokah | 22 Juli, 2010

  49. tolong kirim contoh ptk pkn yang lengkap dong trims
    ======
    @sukisno, ini juga baru belajar belum ada stok maasss…

    Komentar oleh sukisno | 16 September, 2010

  50. perkenalkan dulu saya asli madiun sekarang ada dikalimantan barat tepat di kab sambas, terima kasih contoh ptk yang bapak buat
    ======
    @siswoyo, makasih telah berkunjung… tetap semangat salam buat teman guru di sambas

    Komentar oleh siswoyo | 13 Oktober, 2010

  51. terima kasih bapak, PTK nya bisa manjadi referensi bacaan yang baik, agar kelak kami pun bisa membuat PTK sendiri
    ======
    @yulia, kemauan dan semangat untuk meng-upgrade diri adalah kata kuncinya

    Komentar oleh julia | 11 November, 2010

  52. Salam kenal,sy dari Makassar,terima kasih contoh ptk bapak,tolong kirimkan contoh ptk yang lengkap donk.
    ======
    @asti, silakan diunduh ibu… semoga bermanfaat, salam kenal kembali dari guru geger

    Komentar oleh Asti | 14 November, 2010

  53. trim ,s atas karyanya.kalau ada lagi karya yang lain tolong dong dikirimkam ke emailku.
    ======
    @mangiring, makasih atensinya…

    Komentar oleh mangiring panjaitan | 25 November, 2010

  54. salam kenal,
    WAU kerens Ptknya sangat bgus skali. klw bpak berkenan, q minta beberpa contoh Ptk untuk inspirasi kuliayh say,
    matur nuwun
    ======
    @ika, kenal kembali…terima kasih atensinya wah … yang lain masih dalam penyempurnaan, mudah-mudahan dalam waktu dekat di upload

    Komentar oleh IKA | 11 Januari, 2011

  55. salam kenal buat semua. saya seorang guru PKN SMP, ksh info ttg komunitas guru PKN y biar bs saling share ttg pelajran. thx
    ======
    @pudin, slm. kenal kembali dari Madiun, ayo kita galang… demi anak bangsa antara lain di http://gurupkn.wordpress.com/

    Komentar oleh ahmad safrudin | 6 Maret, 2011

  56. Salam kenal,sy guru smp 1 medan,terima kasih contoh ptk bapak,tolong kirimkan contoh ptk yang lengkap donk. untuk mapel pkn
    ======
    @siti, kenal kembali semoga bermanfaat

    Komentar oleh sitizahara jamil | 17 Maret, 2011

  57. Salam Kenal Pak, Saya Mahasiswa UNP yang sekarang sedang melaksanakan Paraktek lapangan (PL), di SMP. jadi pak saya mohon supaya Bapak bisa mengirim kan Contoh PTK PKn. atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.
    ======
    @asmar, silahkan di copy mas seluruhnya telah saya upload… semoga berkenan

    Komentar oleh ASMAR SAKEREBAU | 2 April, 2011

  58. salam kenal pak, saya guru matematika d sp. meo, kab. muara enim, palembang.mau belajar membuat ptk. terimakasih artikelnya menarik.
    ======
    @henny, tetap semangat…. salam dari geger, madiun

    Komentar oleh henny lukita sari | 3 April, 2011

  59. Terima kasih PTK ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas2 dari kampus
    ======
    @sidik, semoga tetap semangat… sukses selalu

    Komentar oleh abdul sidik amseno | 3 April, 2011

  60. Pa. terimakasih semua yang bapak tulis tentang PTK memberikan inspirasi bagi peningkatan profesionalisme guru-guru PKn di Indonesia. Terus berkarya ….
    ======
    @miming, terimakasih tanggapannya…

    Komentar oleh Miming Karmilah | 11 April, 2011

  61. trimakasih atas contoh ptk nya karena sangat bermanfaat bagi kami
    ======
    @ibnu, tetap semangat…..

    Komentar oleh ibnu mahdi | 22 Mei, 2011

  62. Assalammu’alaikum.

    Salam kenal pak eko…
    pak saya tertarik dengan ptk berbasis inquiry yang bapak buat. mohon bantuannya untuk mengirimkan pada saya di email : al_fikram@ymail.com.

    terima kasih atas bantuannya pak.

    Salam dari saya Hambali …guru pkn smpn 1 betung .
    Wassalammu’alaikum
    ======
    @hambali, silahkan di copy… jika berkenan menjadikan rujukan ditulis sumbernya…semoga bermanfaat, salam dari guru sma geger madiun jawa timur

    Komentar oleh hambali | 18 Juni, 2011

  63. salam kenal bapak, saya guru di Sumenep ingin membaca contoh mengenai ptk mohon ptk bapak yang lengkap, terima kasih.
    ======
    @mufid, silahkan pak…seluruhnya telah saya upload…..salam dari geger, madiun

    Komentar oleh abdul mufid | 23 Juni, 2011

  64. asslm. bapak kok bab II dan daftar pustakanya ga bisa diunduh
    ======
    @ary, cobalah sekali lagi….bersabarlah trim’s kunjunganna

    Komentar oleh ary | 16 Juli, 2011

  65. terima kasih, PTK ini bermanfaat bagi saaya…..
    ======
    @asmuni, terimakasih kunjujgannya…salam dari geger, madiun

    Komentar oleh asmuni | 12 Agustus, 2011

  66. Assalamu’alaikum,salam kenal pak. Saya guru di SMA di Padang Pariaman ingin mencoba menulis PTK PKn .Mohon bapak kirimkan PTK yang lengkap tentang metode Inkuiri melalui email saya .Bila bapak berkenan menolong saya dengan sangat bersyukur saya mengucapkan banyaaaaaak terima kasih.dari haffzhah@gmail.com
    ======
    @bu guru , PTK lengkap sudah di upload silahkan diunduh sendiri…semoga bermanfaat, salam buat teman-teman di Pariaman

    Komentar oleh Uning Hafzhah | 29 Desember, 2011

  67. salam hormat
    saya sila smesteer enam jurusan PKN..mnurut bapak apa judul yang sesuai untuk saat ini terkait dg PTK n jurusan yang saya ambil???
    ======
    @sila, apa saja yang penting ihtiar mencari solusi terhadap problem kegiatan pembelajaran di kelas.., semoga sukses

    Komentar oleh sila | 24 Januari, 2012

  68. mkch..tlh di izikan berkunjung
    ======
    @akon, sama-sama mas…

    Komentar oleh Akon Markoni,Spd | 15 Februari, 2012

  69. Ass….salam kenal Pak, saya Abdul Basit dari Samarinda suka dengan contoh PTK yang Bpk sampaikan …. menginspirasi dan memotivasi untuk menulis …. Trims !
    ======
    @basit, kenal kembali pak…semoga tetap semangat, terimakasih kunjungannya

    Komentar oleh Abdul Basit | 21 Februari, 2012

  70. ptk untuk seorang guru.. dan nampaknya saat ini yang dijadikan upaya peningkatan profesionalnya, q ingin lebih tau lagi n bantuannya, apalagi bisa sampai buat blog sendr
    ======
    @ita, banyak panduan silahkan search di gogle… selamat mencoba

    Komentar oleh ita | 19 Maret, 2012

  71. salam kenal …………… dan makasih atas contoh ptknya
    ======
    @isbani, smg bermanfaat mas…

    Komentar oleh ISBANI | 25 Maret, 2012

  72. makasih

    Komentar oleh anasdjamhali | 20 April, 2012

  73. salam kenal…..saya guru PKn bertugas di perbatasan entekong Indonesia malaysia,sangat memerlukan referensi dengan adanya contoh PTk bapak sangat membantu dalam penyusunan PTK, terima kasih untuk mengembangkan profesi saya.
    ======
    @ mas karnain, sama-sama

    Komentar oleh letizulkarnain | 1 Mei, 2012

  74. TERIMA KASIH ATAS ARTIKEL SANGAT DALAM MENCARI INFOMRSI TENTANG KEPEMIMPINAN
    ======
    @bambang, terima kasih responnya

    Komentar oleh BAMBANG | 20 Juni, 2012

  75. Selamat siang pak udh lama sy ga muncul disni, puji Tuhan sy sekarang sudah mengabdi di STKIP dimna sy di cetak sbgi S.Pd. sy mau nulis artikel dgn jurnal karya ilmiah cuma masih bingung dgn refrensinya blm ada, sy tertarik meneliti tentang penyimpangan2 yg terjadi dan kaitannya dengan pendidikan kewarganegaraan
    ======
    @sarayati, semoga tetap semangat dan sukses…

    Komentar oleh sarayati,S.Pd | 13 Juni, 2013


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: